Cerita

Kenapa Ngantuk Ya…?

Mengantuk….kata-kata itu yang pas saat digunakan jam ini..posisi saya yang teramat sangat mengantuk untuk menulis artikel ini. Kenapa orang mengantuk pada siang hari ?

1. Tidak cukup tidur di malam hari. Tidak cukup tidur dapat mencakup waktu tidur yang kurang memadai, atau kualitas tidur yang kurang baik, misalnya karena sering terbangun di malam hari dengan alasan apa pun.

2. Obesitas. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti kelainan tidur di Amerika baru-baru ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara obesitas dan kecenderungan untuk tidur di siang hari. Sebaliknya, semakin berkurang berat badan seseorang, semakin sedikit ia membutuhkan tidur di siang hari.

3. Depresi. Penelitian yang sama juga memperlihatkan hubungan antara tingkat depresi seseorang dengan jumlah tidurnya di siang hari, semakin berat depresi, semakin meningkat kebutuhan untuk tidur di siang hari.

4. Jam biologis yang ‘salah’. Tubuh kita memiliki kemampuan mengatur ritme harian seperti tidur dan bangun. Umumnya, jika seseorang telah terbiasa untuk bangun di satu waktu tertentu, tubuhnya akan membiasakan untuk bangun di waktu tersebut, dan sebaliknya. Jika mekanisme ini terganggu, misalnya akibat siklus tidur dan bangun yang tidak menentu, kantuk dapat terjadi pada saat seharusnya terjaga dan sebaliknya.

5. Konsumsi sarapan yang kurang tepat. Sarapan yang terlalu banyak lemak dan protein akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja ekstra keras, sehingga darah lebih banyak mengalir ke arah sistem pencernaan, dan berkurang ke bagian tubuh lainnya, semisal otak (kecuali untuk menjaga fungsi vital otak). Sehingga kantuk pun timbul. Begitu juga konsumsi makanandengan gula berlebih, menyebabkan kenaikan hormon insulin yang mendadak dalam darah, dengan hasil akhir rasa kantuk.

www.konsultasisyariah.com

=====================================================================


Namanya Muhammad Fatih AsSyamil
Setiap keluarga atau teman dan tetangga yang mengenalnya, selalu memanggil nama Syamil, pemalu, dan serba ingin tahu itulah karakternya. Semua yang ummi kerjakan pasti ikut dikerjakan, alhamdulillah membantu juga kalau ummi sedang nyiram tanaman, Syamil sibuk ikutan juga.

Syamil mulai mengalami perubahan iklim awal tinggal di Bekasi kemudian di Bogor, ceria dan penuh semangat tak kenal lelah. Ya..Syamil ummi berharap banyak kepadamu, kelak engkau menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat untuk semuanya..amiin. Anak soleh yang selalu mendoakan orangtuanya..perjuangan ummi dan abi untuk syamil tetap terjaga. Amiin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s