Seminar itu Asyik-SPWI Universitas Indonesia

Seminar kali ini sedikit berbeda, saya berusaha mengajak mahasiswa saya untuk turut serta hadir dalam seminar ini, gunanya untuk memperkenalkan kepada mereka bahwa perkembangan teknologi sekarang sangatlah cepat, apalagi sudah masuk tahap perkembangan industri 4.0.

Kedua mahasiswa saya sangat tertarik mengikuti acara tersebut, dan bisa saya acungi jempol untuk anak UI, mereka mampu membuat acara yang bagus dengan menghadirkan narasumber yang luar biasa dan bingkisan untuk peserta bahkan peserta mendapatkan makan siang dan foto gratis.

berikut sedikit yang bisa saya ambil dari materi di acara seminar SPWI :

Seminar SPWI UI 2019
Universitas Indonesia, 6 April 2019
The Dawn of Digitalization
Oleh : Siti Masripah, M.Kom (catatan kecil)
Seminar Pengembangan Wawasan Industri yang diselenggarakan oleh mahasiswa UI pada tanggal 6 April 2019 dalam Digital Disruption : “The Dawn of Digitalization” dengan menampilkan dua sesi acara yaitu :
Sesi 1 tentang “The Coming Wave of Digital Disruption”
Dengan Speaker Bapak Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.SC, MM, Proffesor, Computer Engineering Universitas Indonesia
Pada sesi 1 ini dibahas tentang permasalahan dunia teknologi saat ini, dimana terdapat 9 Pilar dalam Teknologi Advancement yaitu Big data analitycal, Supply chain, addlive Manufacturing, Could, Cybersecurity, Industrial Internet of things, Horizontal & vertical Integration, Simulation & Augmened Reality dan Autonomous Robot.
Oleh Pembicara dijelaskan Industry 4.0 mengubah masyarakat
  1. Kustomisasi semua hal secara rinci
  2. Mengurangi shipping dan menambah pasokan
  3. Perubahan kerja
  4. Robotic vs. China
  5. Perubahan industry karena blockchain
Fusi Digital dengan Internet of Things (IoT)
  1. Hubungan banyak bidang yang dipengaruhi IoT dengan implikasi Revolusi Industri 4.0
  2. Transformasi industry manufaktur karena IoT sebagai tanda dimulainya gerakan dan value proposition dari meningkatnya digiral proficiency dari manufaktur
  3. Peluang dan potensi interupsi yang disebabkan teknologi digital baru, terutama IoT pada sector lain
  4. Perubahan di bidang ekonomi, tenaga kerja, social dan keamanan yang terjadi sebagai akibat industry 4.0
  5. Outlook Relvolusi Industri 4.0 dalam hubungan antara IoT dengan teknologi yang lain dan tantangan yang dihadapi semua negara dengan terjadinya revolusi ini.
Sebagai penutup
  1. Solusi Blockchain, IoT, AI, Big Data analitik pada sector industry
  2. Membahas kebutuhan regulasi, hukum, dan kebutuhan asuransi untuk barang yang ditransfer pada supply chain, autonomous vehicles, dan peralatan manufacturing plant
  3. Disrupsi digital sudah masuk dan mentransformasi Indonesia
  4. Antisipasi 10-20 tahun kedepan
Sesi 2 : “To Be The in Conquering The Digital Disruption Race” and “ Responding to Digital Disruption”
Speaker : Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia dan Ir. Hadjar Seti Adji, M. EngSc, Director of Human Capital Management, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk
Pada sesi ini dipaparkan tentang bagaimana President Grab dalam menjalankan usahanya agar tidak bangkrut dan tetap maju mengikuti perkembangan teknologi. Sedangkan pak Seti Adji memaparkan bagaimana teknologi digital disruption sudah berkembang di perusahaan waskita, dengan proses pembangunan yang sangat canggih tanpa ketinggalan teknologi. Baik dari segi desain untuk membangun sebuah Gedung dan lain sebagainya. Dan pak Seti adji pun memaparkan, bagaimana cara untuk bias bergabung dengan Waskita diantaranya adalah calon pekerja harus memiliki skill dan attitude yang baik dalam pergaulan, dan pintar berorganisasi.
Setelah dua sesi dilalui banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh peserta kepada pada narasumber.

 

Semoga catatan kecil ini bermanfaat dan sebagai pengingat untuk saya, dan diakhiri kami foto bertiga, ya karena disana disediakan tempat untuk foto. Serunya agenda hari itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s