Konsep OOP 3

Setela kita coba tentang objek dan sedikit perkenalan tentang class, sekarang kita akan mecoba bermain dengan class.

Class dapat diartikan sebuah himpunan yang berisi beberapa perintah atau fungsi – fungsi untuk tujuan tertentu. Class bisa berisi beberapa method dan class juga berisi atribut-atribut yang akan digunakan, bentuk penulisan class :

umum2

Contoh berikut adalah contoh untuk membuat perhitungan dan perhitunganberaksi. Dimana class Perhitungan akan berisi beberapa method atau perintah diantaranya adalah method LuasLingkaran, KelLingkaran, LuasPersegi. Dimana masing-masing method memiliki nilai tersendiri dan cara tersendiri untuk mengekspresikan dirinya.

Bentuk variabel yang digunakan ada 2 yaitu variabel yang bersifat konstanta dan statis, dalam contoh berikut ini variabel konstanta adalah variabel yang sudah diberi nilai sedangkan statis variabel yang masih berubah-ubah nilainya.

Phi = 3.14, sisi=4, JariJari=7 adalah variabel yang konstanta, berikut kita lihat contoh dan anda bisa coba secara langsung.

Tambah Class Baru yaitu class Perhitungan :

perhitungan

Tambah Class baru yaitu class PerhitunganBeraksi :

perhitunganberaksi

Class Perhitungan adalah class yang menampung beberapa method dan method tersebut akan dipanggil dalam Class PerhitunganBeraksi. Untuk pemanggilan method dalam Class Perhitungan kita menggunakan sebuah Objek untuk membantu pemanggilan Method yaitu hitung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s