Pert. 3 Visual Basic 6.0

vbopt.JPG

Listing Program
Pada objeck General event Declaration
Public n1 as single
Public n2 as single

Untuk Operator Aritmatika :
Private Sub Option1_Click()
n1 = val (text1.text)
n2 = val (text2.text)
text3.text = n1 + n2 ——> Tanda Operator bisa di ganti.
End Sub

Untuk Operator aritmatika yang selanjutnya, anda ikuti saja langkah listing diatas dan ganti tipe operatornya sesuai dengan operator yang ingin dibuat listing.

Untuk Operator Perbandingan :
Private Sub Option7_Click()
n1 = Val(Text1.Text)
n2 = Val(Text2.Text)
Text3.Text = (n1 < n2)
End sub

Untuk operator perbandingan yang lain ikuti langkah listing diatas, anda hanya merubah tanda operatornya saja.

Untuk Operator Logika
Private Sub Option12_Click()
n1 = Val(Text1.Text)
n2 = Val(Text2.Text)
Text3.Text = Not (n1) ——–> n1 and n2
Text3.Text = Format(Text3.Text, “True/False”) -> Memformat nilai (-1,0)
End Sub

Untuk Operator Logika yang lain ikuti langkah listing diatas, anda hanya merubah tanda operatornya saja.

Tampilan untuk pesan keluar :
msg.JPG
Private Sub cmdkeluar_Click()
p = MsgBox(“Anda Ingin Keluar ?”, vbYesNo, “Konfirmasi Dulu..”)
If p = vbYes Then
End
End If
End Sub

Untuk Membersihkan Object dan Focus pada Nilai 1 :
Private Sub cmdbersih_Click()
Text1.Text = “”
Text2.Text = “”
Text3.Text = “”
Text1.SetFocus
End Sub

Cobalah anda kembangkan latihan diatas, dengan membuat sebuah program kalkulator.
Selamat Mencoba…

Iklan

8 Comments

  1. Wassalamu’alaikum

    Alhamdulillah sudah sampe, klo di lab. internet kita diajari kok bagaimana caranya buat sebuah web, dari mulai tampilan menggunakan html, php, dan sampai ke database. Mungkin kamu lupa, tapi ga usah khawatir kamu bisa gunakan situs2 yg free contoh ; multiply.com, wordpress.com, ifasnet.com, dan masih banyak lagi yang lain. Selamat mencoba…

  2. Salam Semua

    Sy Lg Cari Partner Programmer Buat Aplikasi Manajemen Konstruksi. Sy gk ngerti bahasa program jadi klo ada yg berminat, sy ud nyusun proposalnya. Nanti aplikasi ini untuk dikomersil kepada Kontraktor dan Konsultan dan untuk jangka panjang rencana mo di ajukan ke departemen PU sebagai standar Penyusunan RAB sampai Tahap Monitoring dan Pelaporan, dan materinya udah ada tinggal mengesekusi ke program. yang berminat bisa hubungi saya di javanindo_mul@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s